Minggu, 19 Mei 2013

Laporan study tour



STUDY TOUR KE JAKARTA
TAHUN AJARAN 2012/2013

LAPORAN

OLEH :
KELOMPOK 5
1.     EKA KARTIKA NURAINI
2.     INDRIANI UTAMI G
3.     NADYA HANDAYANI
4.     NURFIRA JULIANTI
5.     PEBRI RAMDANI
6.     RISA AINUN HIDAYAH
7.     SERA BETANIA



SMA Negeri 3 Tasikmalaya
Jl. Letkol Basyir Surya No.89 (0265)334889 Kota Tasikmalaya
KATA PENGANTAR


 Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya laporan ini. Laporan yang kami buat berisi laporan Study Tour ke Jakarta.
Laporan  ini memberi  perhatian yang besar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, selain menyajikan materi yang dikehendaki kurikulum ,laporan ini juga menyajikan tentang hal  yang berkaitan dalam kehidupan kita sehari-hari,baik dalam bidang iptek maupun noniptek.Setiap yang kami bahas dalam laporan ini disertai dengan berbagai contoh yang mudah untuk dipahami.
Laporan ini disajikan secara sistematis dan disertai dengan gambar-gambar yang relevan,sehingga mempermudah siswa untuk mempelajarinya terutama kami sebagai penulis.Kami penulis berharap semoga laporan yang kami buat ini dapat bermanfaat untuk memperluas dan menambah wawasan siswa khususnya bagi kami penulis.
Akhir kata,tiada gading yang tak retak,demikian pula dengan laporan ini,masih jauh dari sempurna.Oleh karena itu,saran dan kritik yang membangun tetap kami nantikan demi kesempurnaan laporan ini.



                                     
                                                                                                Tasikmalaya,      April  2013

Penulis                
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................        i
DAFTAR ISI ................................................................................................       ii
BAB I   PENDAHULUAN .........................................................................       
A.  Latar Belakang  .....................................................................................       
B.  Tujuan ..................................................................................
BAB II PEMBAHASAN                                                       
A.  Lembar kerja kimia ..........................................................................    
B.  Lembar kerja biologi .............................................................................        
C.  Lembar kerja fisika ..............................................................................
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan .................................................................................
B. Saran................................................................................................    

     




BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
 Study tour adalah kegiatan yang merupakan program tahunan sekolah di SMA Negari 3 kota Tasikmalaya,selain dari pada itu kegiatan study tour merupakan kegiatan yang di dalamnya terdapat unsur pendidikan, pengetahuan,wawasan,pengalaman dan hiburan. Kemudian siswa juga di ajarkan untuk bisa menyelaraskan antara teori yang ada di sekolah dengan praktek yang ada di lapangan. Dalam pelaksanaanya diharapkan siswa siswi dapat memahami tentang pengamatan suatu objek masing-masing bidang study.sekolah sebagai institusi pendidikan yang berkepentingan untuk mendorong para siswa siswinya memiliki atau menguasai bidang-bidang pelajaran tertentu yang berkaitan dengan kelembagaan lain yang berhubungan dengan mata pelajan para siswa di sekolah guna memperkaya wawasan dan pengathuan belajar para siswa. Banyak hikmah yang dapat di petik dalam kegiatan study tour ini yang pasti akan berbekas dalam jiwa dan fikiran para siswa dan siswi yang tidak menutup kemungkinan akan menjadi inspirasi bagi siswa dan siswi untuk memiliki cita cita atau wancana yang memungkinkan mereka untuk bisa berprestasi dalam bidang yang mereka sukai guna mempersiapkan cita-cita masa depan.
B.    Tujuan
Tujuan diadakannya program kegiatan tahunan ini adalah untuk meperkaya ilmu pengetahuan,wawasan,pendidikan dan pengalaman. Kemudian siswa juga di ajarkan untuk bisa menyelaraskan antara teori yang ada di sekolah dengan praktek yang ada di lapangan. Dalam pelaksanaanya diharapkan siswa siswi dapat memahami tentang pengamatan suatu objek masing-masing bidang study untuk dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
BAB II
PEMBAHASAN

LKS KIMIA
LokasiPengamatan : GRAHA WIDYA PATRA (MusiumMigas)
A.   Tujuan
1.     Setelahmelaksanakanpengamatansegalasesuatu yang dipamerkan di MusiumMinyakdan Gas BumiGrahaWidyaPatra, diharapkansiswalebihmemahamitentangminyakbumisertamempunyaisikap mental peduliterhadaplingkungandanhemat BBM.
2.     Siswalebihmengenalkegunaanminyakdan gas bumidalamkehidupansehari-hari.

B.   RuangLingkup
Minyakbumiadalahcampurandaribermacam-macamhidrokarbon yang terbentukdaripengendapansisatumbuhandanbinatang yang matijutaantahunlampau.Akibatpengaruhwaktu, temperatur, dantekananlapisanbatuandiatasnya, binatangdantumbuhanmatitersebutberubahmenjadibintik-bintikminyakdangelembung gas.
Minyakbumitersusunoleh 5 macamunsurkimiayaitu: 82-87% karbon, 11-15% hidrogen, 0,01-6% belerang, 0-2% oksigen, 0,01-3% nitrogen.
Campuranhidrokarbondiambildengancarapengeborankemudiansetiapfraksidipisahkandengancarapenyulinganbertingkat (destilasi).
Fraksi yang paling ringanberupa gas C1sampai C4 (CH4 s/d C4H10), fraksicair C5 s/d C16danseterusnyasampaifraksi yang terakhirberuparesidukental, padatyaitu C17keatas.
Setiapfraksimempunyaititikdidihberbeda-bedadankegunaan yang berbeda-beda pula.Diantaranyafraksi-fraksitersebut yang paling banyakdigunakansebagaibahanbakar adalah bensin, kerosin dan banyak diesel.
Industri petrokimia adalah industri yang berkembang berdasarkan satu pola yang mengkaitkan produk-produk minyak dengan kebutuhan masyarakat akan kimia atau bahan-bahan yang digunakan dalam kebutuhan sehari-hari.
Produk-produk yang dihasilkan dalam industri petrokimia diantaranya pupuk, insektisida, serat sintetis, cat email, cat kuku, dan lain sebagainya.

C.   Tugas
1.     Minyak bumi umumnya tersusun dari senyawa hidrokarbon jenuh alkana, sikloalkana dan aromatik.
a.     Apakah yang dimaksud hidrokarbon jenuh?Hidrokarbon yang ikatan atom C nya tunggal
b.     Jenis hidrokarbon manakah yang banyak terdapat dalam minyak?Alkana

2.     Jelaskan pengaruh kadar belerang (S) dalam minyak bumi terhadap mutu minyak!
1.     Terjadi korosi pada mesin
2.     Terjadi ketukan pada mesin

3.     Pengolahan minyak bumi dilakukan dengan dua tahap.
a.     Tahap pertama destilasi. Sebutkan fraksi-fraksi yang dihasilkan dari destilasi!
1.     Fraksi gas
2.     Fraksi nafta
3.     Fraksi kerosin (minyak tanah)
4.     Fraksi solar
5.     Fraksi residu

b.     Tahap kedua adalah pengolahan lanjutan diantaranya proses cracking, polimerisasi, dan alkilasi. Apa yang dimaksud dengan proses cracking?Proses cracking adalah pemecahan rantai atom C panjang menjadi atom C yang lebih pendek sehingga menghasilkan titik didih yang stabil. Terutama untuk nafta, kerosin, solar dan residu.




4.     Isilah tabel berikut
No
Jenis BBM
Warna
Kegunaan
1
Premium
Kuning
Bahan bakar kendaraan
2
Pertamax
Biru
Bahan bakar kendaraan
3
Avtur
Bening
Bahan bakar jet
4
Augas
Hijau bening
Bahan bakar kapal terbang
5
Solar
Coklat

6
Minyak tanah
Bening

7
Minyak bakar
Hitam

8
Ido
Hitam


5.     Sebutkan sedikitnya lima produk BBM dari hasil pengolahan minyak bumi!Premium, pertamax, solar, minyak tanah, residu.
6.     Sebutkan perbedaan mendasar antara BBG (Bahan Bakar Gas) dengan BBM (Bahan Bakar Minyak)!
BBG = mengandung gas
BBM = mengandung minyak
7.     BBG mengandung hidrokarbon dengan jumlah C antara 1 sampai 4 sedangkan BBM mengandung hidrokarbon dengan jumlah atom C atom 5 sampai 16

8.     Apa kepanjangan LNG dan LPG?
LNG : Liquifid Natural Gas
LPG : Liquifid Petrolium Gas
9.     Sebutkan keuntungan penggunaan BBG!
1.     Lebih bersih
2.     Lebih hemat
10.            Salah satu BBM yang penting adalah bensin. Bensin yang dikenal saat ini adalah premium dan pertamax. Perbedaan premium dan pertamax terutama pada angka oktan dan bahan tambahan (zat aditif). Apa yang dimaksud dengan angka oktan?Angka oktan adalah angka yang menunjukkan jumlah iso oktana pada bensin
11.            Angka oktan untuk
Premium88
Pertamax92
12.            Jika angka oktan suatu bensin=80. Artinya dalam 100 liter bahan terdiri dari 80 liter senyawa iso oktana dan 20 liter senyawa normal hektana
13.            Untuk menaikkan nilai oktan, dapat dilakukan dengan menambah zat aditif. Zat aditif yang ditambahkan pada premium adalah MTBE yang ditambahkan pada pertamax adalah TEL
14.            Apa yang dimaksud industri petrokimia? Industri petrokimia adalah industri yang bahan bakunya terbuat dari minyak bumi
15.            Berikan beberapa contoh hasil industri petrokimia!Cat, obat-obatan, kosmetika, lilin, ado, ido, nilon, karet buatan
16.            Berikan contoh alat rumah tangga yang dibuat dari melamin!Piring, sendok, gelas, garfu
17.            Tuliskan rumus molekul melamin!C9H18O6 N6
18.            Tulis rumus molekul polyetilen!CH2-CH2CH2-CH2
19.            Sebutkan beberapa peralatan rumah tangga yang terbuat dari polyetilen!Mangkok, toples, ember
20.            Sebutkan hasil dari gas bumi yang bermanfaat untuk pertanian, untuk bahan baku benang sintetis!Poluesterin, acrylic fiber, stapie fiber










LKS FISIKA
Judul                              : Fungsi alat peraga
Bentuk alat peraga         : Lampirkan fotonya beserta anda!
Tujuan                           : Mengetahui fungsi dan cara kerja alat peraga di PPIPTEK.
Cara Kerja            :         1. Identifikasi alat-alat peraga yang berhubungan dengan        mata pelajaran FISIKA di PPIPTEK!
2. Jelaskan fungsi dan cara kerjanya!

Lembar Jawaban :
1.     Alat : Pendulum Ganda
Fungsi                  : Untuk mengetahui perpindahan gerak bolak-balik (osilasi) dari ayunan satu dengan yang lainnya melalui penghubung antara kedua pendulum.

Cara Kerja  :        1. Tariklah ujung bawah salah satu pendulum ke atas
2. Kemudian lepaskan
3. Amati apa yang terjadi pada pendulum yang lainnya





2.     Alat : Roket Plastik
Bagian        :         1. Nose       : Untuk pertahanan diri
2. Badan     : Di isi dengan nitrogen supaya mengeras bagian atas botolnya
3.Sayap      : Untuk keseimbangan
4. Nozel      : Untuk keluar masuk udara

Cara Kerja :         1. Roket di isi 500ml air, nozel ditutup
2.Dimasukkan ke dalam tempat pompa
3.Lalu pompa sampai 30-60 tekanannya, setelah itu penco-penco tuas agar roket meluncur


3.     Alat : Aliran Panas
Keterangan : Aliran panas yang terjadi pada benda cair tampak pada layar. Panas (kalor) dapat mengalir pada zat cair. Perpindahan panas terjadi secara konveksi.

4.     Alat : Menyembur bukan di pompa
Cara Kerja : Hembuskanlah angin sejajar dengan mulut pipa
Keterangan           : Tekanan udara di ujung pipa lebih rendah daripada di bawah wadah. Udara dalam wadah menahan cairan hingga air keluar.

5.     Alat : Mengembang bukan di tiup


Fungsi                  : Mengetahui akibat perbedaan tekanan balok dan tekanan udara di dalam sangkup.

Cara Kerja :         1. Geser tuas ke arah udara luar
2. Tekan tombol pompa, vakum akan menghisap dan mengeluarkan udara dari dalam sangkup























LKS BIOLOGI
Judul                              : Fungsi alat peraga
Bentuk alat peraga         : Lampirkan fotonya beserta anda!
Tujuan                           : Mengetahui fungsi dan cara kerja alat peraga di PPIPTEK.
Cara Kerja            :         1. Identifikasi alat-alat peraga yang berhubungan dengan mata pelajaran BIOLOGI di PPIPTEK!
2. Jelaskan fungsi dan cara kerjanya!

Lembar Jawaban :
1.     Alat : Mekanisme Pernapasan
Fungsi                  : Untuk mengetahui mekanisme masuk dan keluarnya udara dari dan ke paru-paru karena membesar atau mengecilnya rongga udara.

Cara Kerja : Tekan bidang flexy glass perlahan-lahan dan berulang-ulang. Maka balon akan mengembang jika di tekan flexy glassnya, dan mengempis saat di lepaskan.



2.     Alat : Mikroskop
Fungsi                  : Untuk melihat dan mengetahui berbagai jenis yang akan di lihat oleh mikroskop.

 Cara Kerja           : Putar piringan untuk memilih sampel bahan yang ingin di gunakan hingga tepat di bawah lensa mikroskop.


3.     Alat : Menyusun Rangka Tubuh



Fungsi                  :        Untuk mengetahui susunan rangka tubuh manusia.
Cara Kerja  :        Dengan mencocokkan gambar rangka tubuh pada papan gambar.


4.     Alat : Dunia Renik
Fungsi                  :         Untuk mengetahui benda renik yang sukar di amati tanpa alat bantu yang dapat memperbesar bayangan benda yang hendak di amati.

Cara Kerja :         Nyalakan lampu mikroskop, kemudian lihatlah benda renik yang ada di bawah mikroskop.


5.     Alat : Organisme Tidak Nampak


Cara Kerja :         1. Bersalamanlah dengan model ini
2. Setelah ada suara batuk/bersin, periksalah telapak tanganmu di ditektor UV sebelah kiri

Keterangan           : Alat peraga ini menggunakan glow gern yang dapat berpindah jika di sinari UV. Zat ini tidak berbahaya dan di gunakan untuk keperluan edukasi, untuk menstimulasikan cara menyebar virus melalui sentuhan tangan.

6.     Bagian-bagian virus.
Cara kerja :
Ø Tekamlah tombol ! perhatikan lampu manakah yang menyala.
a.     Haemaglutinin :glikoprotein pada permukaan virus,berfungsi sebagai pengikat antara virus dengan permukaan sel inang.
b.     Neuraminidase :glikoprotein pada permukaan vrus,berfungsi sebagai enzim yang membantu proses infeksi ke sel inang.
c.      RNA : molekul rantai tunggal,pembentukannya dikode oleh DNA dapat di translasikan menjadi protein.
d.     Poumerase :enzim yang bertugas mengenali tempat tertentu pada rantai DNA yang menentukan mulainya Transkripsi ( Duplikasi kode DNA )
e.      Nukleoprotein :kombinasi protein dengan karbohidrat dalam jumlah besar.
f.       Senyawa lipid dua lapis :selubung virus,tersususn atas dua lapis lipid ( lemak )
g.     Matriksprotein : lapisan protein dibawah selubung lipid ( matriks )

7.     Upaya Air.
Fungsi               : untuk mengetahui pola aliran air .
Cara kerja         :
Ø Tekan tombol ON
Ø Atur posisi rintangan
Ø Bentuklah aneka posisi rintangan




BAB 3
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Memberikan berbagai kemmudahan dalam menambah ilmu pengetahuan alam.Dengan adanya study tour ini,membuat para siswa terutama bagi kami penulis khususnya dapat lebih atau dan membuat kami semakin menambah kreatifitas maupun wawasan.
Banyaknya pengalaman,pengetahuan,pembelajaran,yang kami dapat dari kegiatan tour ini. Dari pembelajaran di tempat Migas,PPIPTEK,TMII,dll.
Kegiatan study tour ini sangat bermanfaat bagi kami untuk di terapkan dalam proses pembelajaran dan kemudian hari.

B.   Saran
Dengan adanya kegiatan sudy tour ini,maka penulis menyarankan kepada SMAN 3 Tasikmalaya untuk selalu mengadakan kegiatan study tour ini setahun sekali, baik sebagai jendela pengetahuan maupun sebagai penambah wawasan bagi para siswa dalam bidang study tour maupun di luar bidang study tour. Penulis sangat mengharapkan dengan adanya kegiatan study tour ini dapat mempermudah para siswa untuk semakin bisa berkreatifitas dan menambah wawasan maupun pengalaman khususnya bagi kami penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar