STUDY
TOUR KE JAKARTA
TAHUN
AJARAN 2012/2013
LAPORAN
OLEH
:
KELOMPOK
5
1. EKA
KARTIKA NURAINI
2. INDRIANI
UTAMI G
3. NADYA
HANDAYANI
4. NURFIRA
JULIANTI
5. PEBRI
RAMDANI
6. RISA
AINUN HIDAYAH
7. SERA
BETANIA
SMA
Negeri 3 Tasikmalaya
Jl.
Letkol Basyir Surya No.89 (0265)334889 Kota Tasikmalaya
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas terselesaikannya laporan ini. Laporan yang kami buat berisi
laporan Study Tour ke Jakarta.
Laporan ini memberi perhatian yang besar terhadap ilmu pengetahuan
dan teknologi. Oleh karena itu, selain menyajikan materi yang dikehendaki
kurikulum ,laporan ini juga menyajikan tentang hal yang berkaitan dalam kehidupan kita
sehari-hari,baik dalam bidang iptek maupun noniptek.Setiap yang kami bahas
dalam laporan ini disertai dengan berbagai contoh yang mudah untuk dipahami.
Laporan
ini disajikan secara sistematis dan disertai dengan gambar-gambar yang
relevan,sehingga mempermudah siswa untuk mempelajarinya terutama kami sebagai
penulis.Kami penulis berharap semoga laporan yang kami buat ini dapat
bermanfaat untuk memperluas dan menambah wawasan siswa khususnya bagi kami
penulis.
Akhir
kata,tiada gading yang tak retak,demikian pula dengan laporan ini,masih jauh
dari sempurna.Oleh karena itu,saran dan kritik yang membangun tetap kami
nantikan demi kesempurnaan laporan ini.
Tasikmalaya, April
2013
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ................................................................................. i
DAFTAR
ISI ................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN
.........................................................................
A. Latar Belakang
.....................................................................................
B. Tujuan ..................................................................................
BAB
II PEMBAHASAN
A. Lembar kerja kimia ..........................................................................
B. Lembar kerja biologi .............................................................................
C. Lembar kerja fisika ..............................................................................
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan .................................................................................
B. Saran................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Study tour adalah kegiatan yang merupakan
program tahunan sekolah di SMA Negari 3 kota Tasikmalaya,selain dari pada itu
kegiatan study tour merupakan kegiatan yang di dalamnya terdapat unsur pendidikan,
pengetahuan,wawasan,pengalaman dan hiburan. Kemudian siswa juga di ajarkan
untuk bisa menyelaraskan antara teori yang ada di sekolah dengan praktek yang
ada di lapangan. Dalam pelaksanaanya diharapkan siswa siswi dapat memahami
tentang pengamatan suatu objek masing-masing bidang study.sekolah sebagai
institusi pendidikan yang berkepentingan untuk mendorong para siswa siswinya
memiliki atau menguasai bidang-bidang pelajaran tertentu yang berkaitan dengan
kelembagaan lain yang berhubungan dengan mata pelajan para siswa di sekolah
guna memperkaya wawasan dan pengathuan belajar para siswa. Banyak hikmah yang
dapat di petik dalam kegiatan study tour ini yang pasti akan berbekas dalam
jiwa dan fikiran para siswa dan siswi yang tidak menutup kemungkinan akan
menjadi inspirasi bagi siswa dan siswi untuk memiliki cita cita atau wancana
yang memungkinkan mereka untuk bisa berprestasi dalam bidang yang mereka sukai
guna mempersiapkan cita-cita masa depan.
B.
Tujuan
Tujuan
diadakannya program kegiatan tahunan ini adalah untuk meperkaya ilmu
pengetahuan,wawasan,pendidikan dan pengalaman. Kemudian siswa juga di ajarkan
untuk bisa menyelaraskan antara teori yang ada di sekolah dengan praktek yang
ada di lapangan. Dalam pelaksanaanya diharapkan siswa siswi dapat memahami
tentang pengamatan suatu objek masing-masing bidang study untuk dapat di
aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
BAB
II
PEMBAHASAN
LKS KIMIA
LokasiPengamatan : GRAHA WIDYA PATRA
(MusiumMigas)
A. Tujuan
1. Setelahmelaksanakanpengamatansegalasesuatu
yang dipamerkan di MusiumMinyakdan Gas BumiGrahaWidyaPatra,
diharapkansiswalebihmemahamitentangminyakbumisertamempunyaisikap mental
peduliterhadaplingkungandanhemat BBM.
2. Siswalebihmengenalkegunaanminyakdan
gas bumidalamkehidupansehari-hari.
B. RuangLingkup
Minyakbumiadalahcampurandaribermacam-macamhidrokarbon
yang terbentukdaripengendapansisatumbuhandanbinatang yang
matijutaantahunlampau.Akibatpengaruhwaktu, temperatur,
dantekananlapisanbatuandiatasnya,
binatangdantumbuhanmatitersebutberubahmenjadibintik-bintikminyakdangelembung
gas.
Minyakbumitersusunoleh
5 macamunsurkimiayaitu: 82-87% karbon, 11-15% hidrogen, 0,01-6% belerang, 0-2%
oksigen, 0,01-3% nitrogen.
Campuranhidrokarbondiambildengancarapengeborankemudiansetiapfraksidipisahkandengancarapenyulinganbertingkat
(destilasi).
Fraksi yang paling
ringanberupa gas C1sampai C4 (CH4 s/d C4H10),
fraksicair C5 s/d C16danseterusnyasampaifraksi yang
terakhirberuparesidukental, padatyaitu C17keatas.
Setiapfraksimempunyaititikdidihberbeda-bedadankegunaan
yang berbeda-beda pula.Diantaranyafraksi-fraksitersebut yang paling
banyakdigunakansebagaibahanbakar adalah bensin, kerosin dan banyak diesel.
Industri petrokimia
adalah industri yang berkembang berdasarkan satu pola yang mengkaitkan
produk-produk minyak dengan kebutuhan masyarakat akan kimia atau bahan-bahan
yang digunakan dalam kebutuhan sehari-hari.
Produk-produk yang
dihasilkan dalam industri petrokimia diantaranya pupuk, insektisida, serat
sintetis, cat email, cat kuku, dan lain sebagainya.
C. Tugas
1. Minyak
bumi umumnya tersusun dari senyawa hidrokarbon jenuh alkana, sikloalkana dan
aromatik.
a. Apakah
yang dimaksud hidrokarbon jenuh?Hidrokarbon yang ikatan
atom C nya tunggal
b. Jenis
hidrokarbon manakah yang banyak terdapat dalam minyak?Alkana
2. Jelaskan
pengaruh kadar belerang (S) dalam minyak bumi terhadap mutu minyak!
1. Terjadi korosi pada mesin
2. Terjadi ketukan pada mesin
3. Pengolahan
minyak bumi dilakukan dengan dua tahap.
a. Tahap
pertama destilasi. Sebutkan fraksi-fraksi yang dihasilkan dari destilasi!
1. Fraksi gas
2. Fraksi nafta
3. Fraksi kerosin (minyak tanah)
4. Fraksi solar
5. Fraksi residu
b. Tahap
kedua adalah pengolahan lanjutan diantaranya proses cracking, polimerisasi, dan
alkilasi. Apa yang dimaksud dengan proses cracking?Proses
cracking adalah pemecahan rantai atom C panjang menjadi atom C yang lebih
pendek sehingga menghasilkan titik didih yang stabil. Terutama untuk nafta,
kerosin, solar dan residu.
4. Isilah
tabel berikut
No
|
Jenis
BBM
|
Warna
|
Kegunaan
|
1
|
Premium
|
Kuning
|
Bahan bakar kendaraan
|
2
|
Pertamax
|
Biru
|
Bahan bakar kendaraan
|
3
|
Avtur
|
Bening
|
Bahan bakar jet
|
4
|
Augas
|
Hijau bening
|
Bahan bakar kapal terbang
|
5
|
Solar
|
Coklat
|
|
6
|
Minyak tanah
|
Bening
|
|
7
|
Minyak bakar
|
Hitam
|
|
8
|
Ido
|
Hitam
|
|
5. Sebutkan
sedikitnya lima produk BBM dari hasil pengolahan minyak bumi!Premium, pertamax, solar, minyak tanah, residu.
6. Sebutkan
perbedaan mendasar antara BBG (Bahan Bakar Gas) dengan BBM (Bahan Bakar
Minyak)!
BBG = mengandung gas
BBM = mengandung minyak
7. BBG
mengandung hidrokarbon dengan jumlah C antara 1
sampai 4 sedangkan BBM mengandung hidrokarbon dengan
jumlah atom C atom 5 sampai 16
8. Apa
kepanjangan LNG dan LPG?
LNG : Liquifid Natural Gas
LPG : Liquifid Petrolium Gas
9. Sebutkan
keuntungan penggunaan BBG!
1. Lebih bersih
2. Lebih hemat
10.
Salah satu BBM yang
penting adalah bensin. Bensin yang dikenal saat ini adalah premium dan
pertamax. Perbedaan premium dan pertamax terutama pada angka oktan dan bahan
tambahan (zat aditif). Apa yang dimaksud dengan angka oktan?Angka oktan adalah angka yang menunjukkan jumlah iso oktana
pada bensin
11.
Angka oktan untuk
Premium88
Pertamax92
12.
Jika angka oktan suatu
bensin=80. Artinya dalam 100 liter bahan terdiri dari 80 liter senyawa iso oktana dan 20 liter senyawa normal hektana
13.
Untuk menaikkan nilai
oktan, dapat dilakukan dengan menambah zat aditif. Zat aditif yang ditambahkan
pada premium adalah MTBE yang ditambahkan pada
pertamax adalah TEL
14.
Apa yang dimaksud
industri petrokimia? Industri petrokimia adalah
industri yang bahan bakunya terbuat dari minyak bumi
15.
Berikan beberapa contoh
hasil industri petrokimia!Cat, obat-obatan, kosmetika,
lilin, ado, ido, nilon, karet buatan
16.
Berikan contoh alat
rumah tangga yang dibuat dari melamin!Piring, sendok,
gelas, garfu
17.
Tuliskan rumus molekul
melamin!C9H18O6 N6
18.
Tulis rumus molekul
polyetilen!CH2-CH2CH2-CH2
19.
Sebutkan beberapa
peralatan rumah tangga yang terbuat dari polyetilen!Mangkok,
toples, ember
20.
Sebutkan hasil dari gas
bumi yang bermanfaat untuk pertanian, untuk bahan baku benang sintetis!Poluesterin, acrylic fiber, stapie fiber
LKS FISIKA
Judul :
Fungsi alat peraga
Bentuk alat peraga : Lampirkan fotonya beserta anda!
Tujuan :
Mengetahui fungsi dan cara kerja alat peraga di PPIPTEK.
Cara
Kerja : 1. Identifikasi alat-alat peraga yang berhubungan dengan mata pelajaran FISIKA di PPIPTEK!
2.
Jelaskan fungsi dan cara kerjanya!
Lembar Jawaban :
1. Alat
: Pendulum Ganda
Fungsi :
Untuk mengetahui perpindahan gerak bolak-balik (osilasi) dari ayunan satu
dengan yang lainnya melalui penghubung antara kedua pendulum.
Cara Kerja : 1.
Tariklah ujung bawah salah satu pendulum ke atas
2. Kemudian lepaskan
3. Amati apa yang terjadi pada pendulum
yang lainnya
2. Alat
: Roket Plastik
Bagian :
1. Nose : Untuk pertahanan
diri
2.
Badan : Di isi dengan nitrogen supaya
mengeras bagian atas botolnya
3.Sayap :
Untuk keseimbangan
4. Nozel
: Untuk keluar masuk udara
Cara Kerja : 1.
Roket di isi 500ml air, nozel ditutup
2.Dimasukkan ke dalam tempat pompa
3.Lalu
pompa sampai 30-60 tekanannya, setelah itu penco-penco tuas agar roket meluncur
3. Alat
: Aliran Panas
Keterangan :
Aliran panas yang terjadi pada benda cair tampak pada layar. Panas (kalor)
dapat mengalir pada zat cair. Perpindahan panas terjadi secara konveksi.
4. Alat
: Menyembur bukan di pompa
Cara Kerja : Hembuskanlah angin sejajar dengan mulut pipa
Keterangan : Tekanan udara di ujung pipa lebih rendah daripada di
bawah wadah. Udara dalam wadah menahan cairan hingga air keluar.
5. Alat
: Mengembang bukan di tiup
Fungsi
: Mengetahui akibat perbedaan tekanan balok dan tekanan udara di dalam sangkup.
Cara Kerja : 1.
Geser tuas ke arah udara luar
2.
Tekan tombol pompa, vakum akan menghisap dan mengeluarkan udara dari dalam
sangkup
LKS BIOLOGI
Judul :
Fungsi alat peraga
Bentuk alat peraga : Lampirkan fotonya beserta anda!
Tujuan :
Mengetahui fungsi dan cara kerja alat peraga di PPIPTEK.
Cara
Kerja : 1. Identifikasi alat-alat peraga yang berhubungan dengan mata
pelajaran BIOLOGI di PPIPTEK!
2.
Jelaskan fungsi dan cara kerjanya!
Lembar Jawaban :
1. Alat
: Mekanisme Pernapasan
Fungsi :
Untuk mengetahui mekanisme masuk dan keluarnya udara dari dan ke paru-paru
karena membesar atau mengecilnya rongga udara.
Cara Kerja : Tekan bidang flexy glass perlahan-lahan dan berulang-ulang. Maka
balon akan mengembang jika di tekan flexy glassnya, dan mengempis saat di
lepaskan.
2. Alat
: Mikroskop
Fungsi :
Untuk melihat dan mengetahui berbagai jenis yang akan di lihat oleh mikroskop.
Cara
Kerja : Putar piringan untuk
memilih sampel bahan yang ingin di gunakan hingga tepat di bawah lensa
mikroskop.
3. Alat
: Menyusun Rangka Tubuh
Fungsi : Untuk mengetahui susunan rangka tubuh manusia.
Cara Kerja : Dengan mencocokkan gambar rangka tubuh pada papan gambar.
4. Alat
: Dunia Renik
Fungsi :
Untuk mengetahui benda renik yang
sukar di amati tanpa alat bantu yang dapat memperbesar bayangan benda yang
hendak di amati.
Cara Kerja : Nyalakan lampu
mikroskop, kemudian lihatlah benda renik yang ada di bawah mikroskop.
5. Alat
: Organisme Tidak Nampak
Cara Kerja : 1.
Bersalamanlah dengan model ini
2.
Setelah ada suara batuk/bersin, periksalah telapak tanganmu di ditektor UV
sebelah kiri
Keterangan : Alat peraga ini menggunakan glow
gern yang dapat berpindah jika di sinari UV. Zat ini tidak berbahaya dan di
gunakan untuk keperluan edukasi, untuk menstimulasikan cara menyebar virus
melalui sentuhan tangan.
6.
Bagian-bagian virus.
Cara
kerja :
Ø Tekamlah
tombol ! perhatikan lampu manakah yang menyala.
a. Haemaglutinin
:glikoprotein pada permukaan virus,berfungsi sebagai pengikat antara virus
dengan permukaan sel inang.
b. Neuraminidase
:glikoprotein pada permukaan vrus,berfungsi sebagai enzim yang membantu proses
infeksi ke sel inang.
c. RNA :
molekul rantai tunggal,pembentukannya dikode oleh DNA dapat di translasikan
menjadi protein.
d. Poumerase
:enzim yang bertugas mengenali tempat tertentu pada rantai DNA yang menentukan
mulainya Transkripsi ( Duplikasi kode DNA )
e. Nukleoprotein
:kombinasi protein dengan karbohidrat dalam jumlah besar.
f. Senyawa
lipid dua lapis :selubung virus,tersususn atas dua lapis lipid ( lemak )
g. Matriksprotein
: lapisan protein dibawah selubung lipid ( matriks )
7. Upaya
Air.
Fungsi : untuk mengetahui pola aliran air .
Cara
kerja :
Ø Tekan
tombol ON
Ø Atur
posisi rintangan
Ø Bentuklah
aneka posisi rintangan
BAB
3
PENUTUP
A. Kesimpulan
Memberikan
berbagai kemmudahan dalam menambah ilmu pengetahuan alam.Dengan adanya study
tour ini,membuat para siswa terutama bagi kami penulis khususnya dapat lebih
atau dan membuat kami semakin menambah kreatifitas maupun wawasan.
Banyaknya
pengalaman,pengetahuan,pembelajaran,yang kami dapat dari kegiatan tour ini.
Dari pembelajaran di tempat Migas,PPIPTEK,TMII,dll.
Kegiatan study
tour ini sangat bermanfaat bagi kami untuk di terapkan dalam proses
pembelajaran dan kemudian hari.
B. Saran
Dengan adanya
kegiatan sudy tour ini,maka penulis menyarankan kepada SMAN 3 Tasikmalaya untuk
selalu mengadakan kegiatan study tour ini setahun sekali, baik sebagai jendela
pengetahuan maupun sebagai penambah wawasan bagi para siswa dalam bidang study
tour maupun di luar bidang study tour. Penulis sangat mengharapkan dengan
adanya kegiatan study tour ini dapat mempermudah para siswa untuk semakin bisa
berkreatifitas dan menambah wawasan maupun pengalaman khususnya bagi kami
penulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar